Home » » Inilah Penyebab Komputer Anda Menjadi Lambat

Inilah Penyebab Komputer Anda Menjadi Lambat

Written By Unknown on Friday, July 12, 2013 | 2:13:00 PM

Inilah Penyebab Utama Komputer Anda Menjadi Lambat(Lelet).



 

Assalamualaikum.
Teman-teman, pernahkah kalian merasa geram, jengkel, tidak sabar, dll karna menghadapi PC atau laptop kalian yang performanya lambat? hal itu juga saya rasakan saat saya menulis postingan ini(hehe..). Nah, setelah saya cari-cari, ternyata hal inilah yang menyebabkan performa PC/Laptop teman melambat (atau lelet).

Berikut faktor-faktor yang menyebabkan performa PC/Laptop teman melambat.

1. Adanya Malware (virus, worm, trojan, dll) di PC teman.

Disaat PC terkena malware (virus, worm, trojan, atau sejenisnya), hampir bisa dipastikan bahwa performa PC akan lambat. Virus setiap saat akan sering menggunakan sumberdaya komputer, contohnya RAM atau CPU komputer teman, dan virus  juga senantiasa akan memantau aktivitas PC teman. Hal ini tentunya sangatlah berpengaruh terhadap performa aplikasi lain yang sedang atau ingin beroperasi.

Solusi untuk masalah ini adalah dengan menginstall Antivirus, akan tetapi kita haus selalu rutin mengupdate virus database dari antivirus tersebut. Pada kebanyakan antivirus, Antivirus akan melakukan otomatis update jika ada koneksi internet.


2. Adanya Spyware, Adware atau Sejenisnya.
 
Jika PC teman sering digunakan untuk "Internetan", jika tidak berhati-hati terbuka kemungkinan PC teman bisa terkena spyware,  Adware atau Sejenisnya. Mungkin tidak begitu ber-efek pada performa komputer, tetapi pengaruhnya bisa pada kecepatan akses/koneksi internet teman, dan berbagai hal yang dapat menganggu kenyamanan berinternet.Dan kemungkinan yang lebih buruk adalah, data-data penting kita(misalnya user, password, account dll) bisa di ketahui oleh si pembuat spyware. Gunakanlah anti spyware dan selalulah update untuk mencegah spyware.

3. Masih Banyaknya Aplikasi Yang Berjalan Dibelakang Layar(background Processed).

Semakin banyak kita menjalankan aplikasi, biasanya semakin lambat pula performa komputer kita, pengaruhnya ada yang relatif kecil dan ada yang besar. Penting untuk teman ketahui, ketika kita menginstall software, ceklah apakah ada aplikasi yang berjalan terus di belakang layar.Hal ini bisa kita ketahui lewat task manager.


Solusi untuk masalah ini adalah dengan menghentikan program tersebut lewat task manager, kalau perlu uninstall. jangan menginstall program yang fungsinya sama. installah program-program yang penting saja.

4.  Adanya Hardware Komputer yang kotor / kurang terawat (misalnya penuh dengan debu).

 Keadaan hardware yang kotor juga menyubang sebagian besar masalah dalam PC kita, biasanya debu yang menempel pada hardware PC adalah bersifat konduktif . Hal tersebut dapat mengakibatkan konsleting pada peralatan PC teman. untuk itu, rajin-rajinlah membersihkan hardware komputer/ minimal 6 bulan sekali agar komputer tetap bersih dan memiliki kinerja yang optimal.



5. Karena Banyaknya Software yang terinstall.


 Meskipun software-software yang kita install tidak berjalan di belakanglayar, tetapi hampir setiap software yang kita install selalu menambahkan entry (data) ke registry, sehingga semakin banyak software yang di install ukuran registry (windows) juga akan semakin besar. Karena registry ini akan di akses baik ketika komputer belum berjalan maupun sudah berjalan, besar kecilnya juga mempengaruhi ke kecepatan/ waktu respon-nya.

Sekali lagi, installah software-software yang penting saja, jangan menginstall software yang fungsinya sama.

6. Adanya Sisa-sisa dari uninstall programs

 meng-Uninstall aplikasi lewat control panel atau lewat  start menu tidaklah selalu bisa bersih dibuang dari system, sehingga akan meninggalkan sisa-sisa data dari aplikasi tersebut. Sisa-sisa ini tentunya akan memperlambat performa komputer, karena masih terdaftar dalam Windows Registry komputer.






7. Karena Antivirus




Hah? Antivirus?. Iya, Beberapa antivirus memang memiliki kemampuan yang sangat hebat. saking hebatnya, kinerja antivirus ini memberatkan sistem komputer Kita. Misalnya, antivirus yang terus melakukan scanning sepanjang komputer kita menyala. Ini tentu saja berakibat pada performa komputer kita.

Solusinya adalah, pilihlah antivirus yang sesuai dengan kemampuan komputer kita.


8. Karena Termakan Usia



Setiap barang pasti memiliki umur pakai. Demikian pula dengan komputer. Komponen komputer yang sudah lama digunakan pastinya sudah dan  tidak dalam kondisi prima lagi. Misal didalam harddrive, harddisk di dalamnya kemungkinan sudah tergores sehingga data yang ada susah terbaca sistem.




Nah itulah  beberapa penyebab komputer kita menjadi lambat. Dan silahkan berkomentar.
sampai jumpa di postingan berikutnya.
Wassalamualaikum.



Diambil dari berbagai sumber.

0 comments:

Post a Comment

Translate to

Paling Banyak Dibaca

Langganan Artikel

Ayo berlangganan artikel bloggisaya GRATIS...!!! Hanya dengan mendaftarkan e-mail anda dibawah ini:

Delivered by FeedBurner

My stats

Flag Counter

On Facebook