Home » » Ternyata Inilah Faktor-Faktor Penyebab Harddisk rusak

Ternyata Inilah Faktor-Faktor Penyebab Harddisk rusak

Written By Unknown on Thursday, September 5, 2013 | 8:08:00 AM

Ternyata Inilah Faktor-Faktor Penyebab Harddisk rusak




Assalamualaikum semuanya, apa kabarnya?
Sudah satu minggu ini saya tidak mengupdate artikel saya karna koneksi internet saya sedang lambat. Nah, sesuai judul diatas artikel saya kali ini saya akan menulis tentang  faktor-faktor penyebab harddisk mengalami kerusakan.

Harrdisk merupakan komponen yang sangat penting dalam komputer atau laptop kita selain processor, RAM, Display dan juga beberapa komponen penting lainnya.
Nah langsung saja kita simak, inilah faktor-faktor penyebab kerusakan pada harddisk. Cekidot...

1. Faktor Usia Harddisk.
Usia dari harddisk merupakan salah satu penyebab harddisk kita mengalami kerusakan karena termakan usia. Namun dengan  perawatan yang tepat, harddisk akan lebih tahan terhadap kesusakan.

2. Guncangan Pada Komputer
Saat komputer sedang bekerja, otomatis harddisk juga sedang dibaca oleh komputer. Pada saat itu head harddisk sedang mengambang diatas permukaan piringan (platter). Jika terjadi guncangan, maka head harddisk tersebut akan menyentuh bagian lain dari harddisk, sedangkan disknya sedang berputar dengan sangat cepat. Maka besar kemungkinan kerusakan pada harddisk akan terjadi.


3. Jatuh / terbentur.
Tentu saja hal ini akan mempengaruhi pada fisik harddisk, dan besar kemungkinan harddisk akan mengalami kerusakan. Kita dapat menghindari hal ini dengan cara membawa laptop menggunakan tas yang aman untuk laptop.

4. Mematikan/Shutdown Tidak Sesuai Prosedur.
Contohnya adalah dengan langsung mencabut komputer dari steker, dan lansung memencet tombol power saat harddisk sedang bekerja, atau tiba-tiba aliran listrik mati saat komputer dan harddisk sedang bekerja. Tentu saja ini adalah hal yang fatal dan menyebabkan rusaknya harddisk karena posisi head akan berada di sembarang posisi. Hal inipun bisa menjadikan umur harddisk lebih singkat.

5. Power supply yang tidak memadai.
Jika tegangan listrik pada power supply tidak mencukupi untuk menyuplai harddisk, maka hal ini bisa berakibat kerusakan pada kontroller hard disk dan motor pada hardddisk.

6. Suhu yang terlalu Panas/Over Heat.
Seperti yang kita ketahui bahwa hampir semua peralatan listrik mengalami efek samping terjadinya panas sebagai akibat dari perubahan energi listrik. Harddisk yang mengalami panas yang berlebihan akan memicu terjadinya kerusakan pada harddisk. Kita dapat mencegahnya dengan memberikan pendingin tambahan pada harddisk.

7. Aktifitas Berlebihan pada harddisk.
Jika terlalu sering dalam bermain game, menonton film/video, dan memutar musik berlama-lama dapat memicu kerisakan pada harddisk karena dapat mengganggu kesehatan harddisk. Kita harus dapat mengatur waktu dalam menggunakan komputer kita.

8. Keseringan Melakukan Install/Uninstall Program.
Hal ini dapat memudahkan harddisk mengalami bad sector. Sama halnya jika kita terlalu sering melakukan install ulang komputer.

9. Tidak merawat  Harddisk.
File-file sampah, file yang tidak tersusun rapi yang menyebabkan file saling menimpa, kemudian head hardisk membaca dengan acak sebab susunan file tidak rapi. hal-hal itu dapat menyebabkan harddisk kita mengalami bad sector.

10. Membawa Laptop/PC dalam kondisi menyala/ Standby.
Tentusaja hal ini dapat menyebabkan guncangan pada harddisk dan dapat memicu kerusakan pada harddisk.

11. Terlalu sering/Tidak sama sekali melakukan defrag.
Defrag pada harddisk bertujuan untuk melakukan perawatan pada harddisk, namun jika telalu sering akan menyebabkan bad sector.

Nah hal itulah Faktor-Faktor Penyebab Harddisk rusak. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua. jika ada kritik, saran dan pertanyaan silahkan berkomentar dengan sopan, terimakasih.

Wassalamualaikum.

1 comments:

  1. musti hati-hati nih apalagi laptop harga hardisknya sangat mahal

    ReplyDelete

Translate to

Paling Banyak Dibaca

Langganan Artikel

Ayo berlangganan artikel bloggisaya GRATIS...!!! Hanya dengan mendaftarkan e-mail anda dibawah ini:

Delivered by FeedBurner

My stats

Flag Counter

On Facebook