Home » » Apa Itu Router? dan Apa Fungsinya?

Apa Itu Router? dan Apa Fungsinya?

Written By Unknown on Wednesday, July 16, 2014 | 2:53:00 PM

Apa Itu Router? dan Apa Fungsinya?


 
 image by : iconsdb.com

      Assalamualaikum teman-teman.

      Sesuai dengan judul, hari ini saya akan share tentang Router dan fungsi dari router.
Okelah, menurut wikipedia, inilah definisi dari router:
Router (Perute atau penghala) adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai Routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari protokol tumpukan (stack protocol) tujuh-lapis OSI.
Bagi yang masih bingung nggak apa-apa, saya jelaskan. Jadi Router itu berbeda dengan switch, kalo switch kan sebagai penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu jaringan LAN. Jadi ilustrasinya begini : Switch itu adalah suatu jalan, dan masing-masing rumah beada pada jalan yang memiliki alamat dalam urutan tertentu (dengan cara yang sama, switch menghubungkan berbagai alat dimana masing-masing alat itu mempunyai alamat IP sendiri pada sebuah jaringan LAN.). sedangkan Router itu adalah penghubung antar jalan.

      Jadi sudah jelas, bahwa fungsi router adalah untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan yang mempunyai protocol yang sama. Sehingga kita bisa menghubungkan 2 IP address dengan host yang berbeda. Contohnya adalah kita bisa menghubungkan alamat IP 192.168.1.1 dengan alamat IP 192.168.2.2.

      Nah itulah yang dapat saya bagi kali ini, untuk yang masih bingung atau yang mau memberikan kritik, silahkan corat-coret di komentar dengan sopan. untuk komentar yang tidak sopan akan saya hapus. See you next post :)  .

      Wassalamualaikum.

0 comments:

Post a Comment

Translate to

Paling Banyak Dibaca

Langganan Artikel

Ayo berlangganan artikel bloggisaya GRATIS...!!! Hanya dengan mendaftarkan e-mail anda dibawah ini:

Delivered by FeedBurner

My stats

Flag Counter

On Facebook