Home » » Tanda-tanda/Gejala Kerusakan pada Harddisk

Tanda-tanda/Gejala Kerusakan pada Harddisk

Written By Unknown on Friday, September 6, 2013 | 8:52:00 AM

Tanda-tanda/Gejala Kerusakan pada Harddisk



Assalamualaikum.

Kali ini saya akan melanjutkan postingan saya tentang Faktot-Faktor Penyebab Harddisk Rusak.
Okelah, tanpa ber-panjang x lebar (emangnya metematika.. haha?), berikut ini akan saya tuliskan apa saja tanda-tanda atau sering disebut "gejala" harddisk kita mengalami kerusakan. apa saja kah itu? yuk kita simak tulisan di bawah ini. Cekidot...

1. Harddisk Tidak Merespon.
 Harddisk tidak menanggapi/merespon perintah yang diberikan komputer untuk membaca atau menulis data ke harddisk. Hal ini biasa disebut dengan hang.

2. Harddisk kesulitan membaca data.
Hal ini biasanya ditandai dengan dibacanya data oleh head pada daerah tertentu saja dan secara berulang-ulang(retry). pambacaan data oleh head tidak akan berhenti sebelum data berhasil dibaca. Kesulitan membaca data ini adalah salah satu tanda-tanda akan terjadinya bad sector.

3. Harddisk bisa terformat, tapi tidak bisa dibaca.
Harddisk akan terformat jika kita menekan perintah format dan akan melaporkan keadaan bad sector, tetapi ketika diperintah untuk membaca data, head harddisk akan kesulitan untuk melakukannya.

4. Tidak ada suara mendenging pada harddisk.
Yaitu ketika motor penggerak tidak bekerja dengan baik, terkadang tidak dapat start atau berhenti setelah beberapa saat.

5. Terjadi bad sector pada harddisk
Bad sector adalah sector pada harddisk yang sudah tidak lagi dapat digunakan untuk menyimpan file. Hal ini tentu saja sebuah kerugian bagi kita. Bad sector terdiri dari 2 macam, yaitu bad sector yang sifatnya sementara dan bad sector yang sifatnya permanen. badsector sementara sebenarnya hanya bersifat software dan secara fisik platter tidak rusak, tetapi pada bad sector permanen memang ada sector yang rusak pada fisik harddisk

Oke, itu saja yang dapat saya kemukakan disini, semoga bermanfaat untuk teman-teman. dan jangan lupa untuk berkomentar dengan sopen. terimakasih.

Wassalamualaikum.

0 comments:

Post a Comment

Translate to

Paling Banyak Dibaca

Langganan Artikel

Ayo berlangganan artikel bloggisaya GRATIS...!!! Hanya dengan mendaftarkan e-mail anda dibawah ini:

Delivered by FeedBurner

My stats

Flag Counter

On Facebook